Resep Cara Membuat Seruit Kuliner Khas Daerah Lampung



Resep Cara Membuat Seruit  Kuliner Khas Daerah Lampung
Resep cara membuat seruit kuliner khas daerah Lampung. Bila anda berkunjung ke daerah Lampung tentu tidak lengkap jika belum merasakan dan mencicipi makanan khas nya, provinsi Lampung. Bukan sekedar makananya saja , Lampung juga memiliki berbagai macam oleh-oleh khas daerah lampung, yang dapat di bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga. Seperti masakan seruit. Seruit adalah makanan khas daerah Lampung. Seruit adalah makanan pokok bagi suku adat Lampung. Seperti suku Lampung Sai Batin dan Pepadun. Masakan seruit selalu dijadikan jamuan makan ketika sedang berkumpul bersama keluarga, teman dan juga sahabat. Seruit sendiri adalah perpaduan makanan antara sambal terasi, sayuran rebus, tempoyak (durian), dan ikan yang di bakar. Seruit ini banyak dikonsumsi sebagai pelengkap nasi yang biasanya dimakan bersama-sama. Tak jauh berbeda dengan sambal yang lain di Indonesia. Bahan sambal seruit adalah, cabai merah, cabai kecil, garam, micin, rampai, dan terasi yang dibakar. Untuk menikmati makanan ini seruit ditambahkan dengan tempoyak(durian) yang sudah di awetkan/permentasi  dan dihaluskan.  Dengan tambahan lalapan, seperti daun kemangi timur, jengkol, terong bakar, dan daun jambu monyet yang masih muda. Dan bagi anda yang ingin mengetahui cara  membuat Seruit masakan khas Lampung silahkan baca Resep nya di bawah ini:
"resep"
Bahan-bahan yang diperlukan : 500 gr ikan baung, belida, patin, ikan layis dll (bisa dengan ikan emas), ½ sdk garam, 1 buah jeruk nipis.

Bahan untuk membuat sambal : 1 bks terasi udang, 50 gr cabe keriting, 100 gr tomat ceri, 3 btr bawang merah, Garam secukupnya, Tempoyak (durian fermentasi), 1 buah mangga, iris sekecil mungkin, 1 buah jeruk nipis diperas ambil airnya.

Cara membuatnya:
Ikan yang sudah disediakan terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu yang dihaluskan. Bumbunya bawang putih, garam, kunyit, dan jahe. Setelah itu ikan dibakar selama 10 menit, setelah matang, ikan diolesi kecap manis dan campumpuran bumbu bawang putih, garam dan ketumbar. Sementara sambal campuran seruit adalah cabe merah, cabe kecil, garam, micin, rampai, dan terasi bakar. Bahan sambal ini kemudian ditumbuk hingga halus. Untuk menikmatinya, seruit harus ditambahkan dengan tempoyak, yakni durian yang sudah diawetkan dan dihaluskan. Tak ketinggalan untuk menambahkan beberapa lalapan, seperti daun kemangi, terong bakar, jengkol, dan daun jambu monyet. Bahan tambahan ini kemudian dicampurkan dan diaduk menjadi satu. Setelah , seruitpun telah siap dinikmati dengan nasi hangat.

Resep cara membuat seruit kuliner khas daerah Lampung. Demikian informasi kuliner masakan seruit khas daerah Lampung, semoga berguna dan bermanfaat untuk para pecinta kuliner Indonesia. Selalu kunjungi situs ini untuk mendapatkan informasi Resep dan masakan Khas tradisional Indonesia. Sekian